Bukan Avengers: Endgame inilah raja box office sesungguhnya saat ini


Tujuan Marvel untuk mentahtakan Avengers: Endgame untuk menjadi film terlaris sepanjang masa akhirnya tercapai. Re-released dengan tambahan post credits scene (yang tidak berarti) hingga footage - footage behind the scene sukses memberikan bensin tambahan untuk Endgame mengejar Avatar yang sudah istirahat sepuluh tahun lamanya.

Tercatat 21 Juli 2019, Avengers: Endgame telah meraih US$2.79 milyar dari penjualan tiket di seluruh dunia, menjungkir balikan Avatar yang telah mencapai $2.78 milyar.

Disamping Marketingnya yang bombastis, namun, sayang Endgame tidak mendekati catatan dari pemegang titel film terlaris sepanjang masa yang sebenarnya. Lho, kok gitu? Alasan yang paling utama adalah inflasi. Mari saya jelaskan dan jawab film apakah film terlaris sepanjang masa yang sebenarnya.

Mengapa menyesuaikan dengan inflasi?

Harga (tiket) dari tahun ke tahun tidak bisa langsung dibandingkan satu sama lain karena nilai untuk membeli sesuatu berubah seiring waktu secara dramatis. Untuk contohnya, dalam ketentuan nominal, harga tiket, pop corn dan soda hari ini pastinya lebih mahal daripada di masa lalu, ya mungkin lebih murah jika kalian mengajak teman kalian sehingga bisa patungan untuk membeli Popcorn.

Tanpa memperhatikan inflasi dan perubahan di sana - sini, perbandingan penjualan suatu produk di masa sekarang dan masa lalu tidak ada artinya.

Salah satu ocehan yang paling sering dibicarakan mama saya adalah mengenai betapa kagetnya dia dengan harga - harga sekarang yang sangat jauh dari harga - harga pada masa orde baru. Bahkan kakak saya sering bercerita bahwa di tahun 80an ia mampu membeli semangkok bakso hanya dengan uang 250 perak saja. Tapi tentu saja dia tidak menceritakan secara mendetail hingga diameter bakso yang ia dapat dengan uang yang sekarang hanya bisa membeli permen relaxa satu biji saja itu. Menyesuaikan dengan inflasi artinya 250 perak bakso di 1980an berarti berharga sekitar 25.000 di rupiah 2019.

Lalu siapa raja Box Office saat ini yang sebenarnya?

Itulah mengapa Avengers: Endgame sangat jauh dari yang namanya film terlaris sepanjang masa. Angka yang sekarang terpampang tidak mencerminkan ataupun memperhatikan inflasi yang pastinya terjadi setiap saatnya.

Untuk mendemonstrasikannya, saya mengambil referensi dari situs boxofficemojo.com. Pertama, mari kita lihat pada Penjualan tiket domestik di Amerika agar lebih mudah untuk mengkalkulasi dan melihat pengaruhnya.



Hasilnya adalah, Film terlaris sepanjang masa yang terpampang di papan Box office saat ini seharusnya tak lain dan tak bukan adalah Star Wars: The Force Awakens yang rilis pada 2015 silam. Jika mengikuti ketentuan inflasi Film itu mengantongi $936 juta, diikuti Endgame di $854 juta lalu baru kemudian Avatar di $761 juta. Endgame mengalahkan Avatar, Ya memang, tapi tidak menjadikannya raja box office.

Menyesuaikan dengan inflasi mengubah daftar ini secara dramatis, bukan? Box Office Mojo, sebuah situs laporan pendapatan suatu film paling populer yang di dioprasikan oleh seseorang di tubuh IMDb, mengkalkulasikan inflasi dengan mengalikan harga tiket rata-rata pada tahun tertentu dengan memperkiraan penerimaan yang didapatnya.


sumber: The motion picture association of America

Hasilnya, Endgame jatuh ke posisi 16.  Dan Avatar tergelincir ke posisi 15 dengan $877 juta dilihat dari penjualan tiket. Gone with the Wind yang dirilis pada 1939, sementara itu, secara mengejutkan melesat ke posisi pertama dengan raihan mencapai $1.8 milyar dari segi penjualan tiket.



Mengkalkulasikan penjualan secara internasional pastinya sangat tricky karena inflasi di masing - masing negara itu berbeda - beda. IMDb, namun membuat usaha yang berani dengan membuat semua ini nampak adjustment.

Jadi sekarang berdasarkan hal ini, Gone with the Wind adalah raja Box office dengan pendapatannya yang dengan nilai inflasi sekarang mencapai $3.8 milyar di penjualan tiket di seluruh dunia. Sementara film legendaris Titanic menyusul dengan $3.4 milyar, diikuti Avatar dengan $3.2 milyar.



Dengan hanya $2.79 milyar, Endgame tersungkur dari mimpi - mimpinya yang kelewat tinggi ke posisi 15, meninggalkan sekitar $1 milyar untuk dikejar sebelum benar - benar menjadi raja Box office dunia seperti yang digembar - gemborkan saat ini.

Jangan terlalu terbawa Hype yang diciptakan

Kita tentunya sangat menyukai film Hollywood karena menawarkan hiburan yang sangat spektakuler daripada film - film lokal maupun bentuk hiburan lainnya di dunia ini.
Tetapi, marketing dari film Hollywood dan hype mengenai penjualan tiket bombastis yang mengiringinya, seperti filmnya sendiri, abai terhadap realita ekonomi.

 Sama seperti kalian saya juga sangat menyukai Avengers: Endgame, yang mengisahkan tema favorit saya yaitu time-travel ditambah tentunya bumbu - bumbu superhero dengan penceritaan yang dramatis. Sungguh, film itu merupakan tiga jam kesenangan tiada tara. Tapi hype mengenai penjualan tiket yang luar biasa dahsyat berikut catatan box office yang diraihnya, seperti filmnya, tidak harus dianggap serius.
So, Marvel Studios, masihkan kalian mengadakan re-release? Kakao Saya, saya cukup tertipu satu kali.

Sumber: Boxofficemojo.com

Comments

Post a Comment

Recent post