Film-film Anime terbaik selain dari studio Ghibli

Jika ditanya apa film animasi jepang terbaik, jawaban pasti Spirited Away dari studio Ghibli. Karena selain memiliki cerita yang menakjubkan film ini itu juga sarat akan kritik sosial dan pesan moral yang tinggi. Atau kalau bukan Spirited Away pasti My Neighbour Totoro yang masih dari Studio Ghibli. Studio Ghibli memang banyak mengeluarkan film animasi anak yang berkelas dan anti mainstream. Tapi jika kalian bosan dengan format dan grafisnya yang sudah menjadi ciri khas dan mencari referensi baru kalian bisa pertimbangkan film-film dibawah ini.


Summer Wars (2009)
Mengisahkan tentang masa depan dimana nyaris semua hal bisa dilakukan di dunia virtual dari mulai penulis, gamer, hingga pekerjaan kantoran macam akuntan pun bisa. Adalah Koiso Kenji, yang tiba-tiba dipekerjakan oleh seorang wanita yang dia taksir sebagai tunangan sewaan untuk dikenalkan pada keluarganya di suatu desa. Masalah datang saat ia tidak sengaja mengaktifkan program Oz yang membawa kekacauan hingga ke dunia nyata. Film yang disutradarai oleh Mamorou Hosoda akan mengingatkan kita akan pentingnya suatu keluarga meski zaman dan keadaan sudah berubah. Adegan saat seluruh keluarga Natsuki membantu Kenji untuk mengatasi kekacauan adalah daya tarik utama film ini.


Garden of the words (2011) 
Menceritakan tentang pertemuan seorang lelaki dan seorang yang wanita di suatu taman, dari mulai basa-basi hingga pembicaraan yang serius, mereka menemukan diri mereka merasa nyaman satu sama lain tetapi konflik kehidupan pribadi mereka terpaksa turut campur dalam kenyamanan itu. Mempunyai cerita yang sederhana tidak membuat film ini mudah dilupakan. Jika kalian mencari "film animasi terindah" film ini akan menjadi yang sering muncul sebagai urutan utama. Yup, film ini memang memiliki gambar animasi dan tata artistik yang sangat memukau, padahal film ini masih menggunakan format 2D. 


Wolf Children (2012)
 Disutradarai Mamorou Hosoda, film yang mengisahkan perjuangan seorang ibu membesarkan dua anak siluman srigala seorang diri akan membuat tisu dirumah anda habis sekaligus membuat anda termenung beberapa saat. Film ini juga mengajari kita akan sikap pantang menyerah dalam keadaan apapun. Dan tentu saja grafis pada film ini juga merupakan salah satu keunggulannya. 


Paprika (2006) 
Berkisah mengenai seorang peneliti psikologi yang menggunakan perangkat yang memungkinkan terapis untuk membantu pasien dengan merasuki mimpi mereka secara sadar. Film ini akan mengingatkan kita pada film Inceptioni. Premis dan ide cerita yang unik sekaligus menakjubkan akan memenuhi hasrat kalian para pecinta Sci-fi. Disutradarai Satoshi Kon film ini juga membahas kehidupan sosial hingga norma budaya. 


Your Name (2016)
 Film yang begitu fenomenal di 2016 sempat digadang-gadang akan memenangkan Oscar kedua untuk film animasi jepang setelah Spirited Away. Sayangnya sang sutradara, Makoto Sinkai tidak memberikan ijinnya karena alasan tertentu. Tetapi meskipun tidak mendapat penghargaan Oscar tetapi film ini memenangkan penghargaan dari jutaan penggemar anime maupun pecinta film pada umumnya dikarenakan kualitas grafis dan cerita yang memukau. Mempunyai premis kisah cinta berbeda ruang dan waktu film ini akan membuat kalian menuruti perintah sang sutradara dari mulai disuruh tersenyum, tertawa, menangis, terharu, hingga bahagia. 

 Film sejatinya dibuat untuk menghibur kita. Tetapi sebuah film yang memiliki kualitas cerita dan pesan yang dalam tentu akan membuat film tersebut lebih diingat bahkan bisa mempengaruhi kehidupan kita secara positif. Film animasi pun demikian. Anime jepang pun tidak melulu Naruto, One peace, dan Doraemon masih banyak Anime Jepang yang layak anda tonton sebagai bahan renungan dan introspeksi diri kearah yang lebih baik.akuntan

Comments

Recent post